4 Penipuan NFT Yang Harus Diwaspadai

4 Penipuan NFT Yang Harus Diwaspadai

Pada pertengahan Juli, Laporan Pasar Terverifikasi menyatakan bahwa pasar NFT global telah mencapai hampir $ 11,32 miliar dan berada pada kecepatan ke atas $ 232 miliar pada tahun 2030. Dengan uang sebanyak itu berpindah tangan, satu hal yang pasti: Anda dapat mengandalkan penjahat untuk mencoba mencuri sebanyak mungkin secara manusiawi.

Pada awal 2022, Rolling Stone melaporkan bahwa “penipuan NFT ada di mana-mana,” dan langkah cerdasnya adalah “menganggap semua orang adalah penipu sampai terbukti sebaliknya.”Rolling Stone sebenarnya terlambat ke permainan. Orang dalam industri telah memperingatkan pedagang NFT tentang prevalensi penipuan digital sejak awal industri blockchain. Jika Anda mencoba-coba NFT, atau jika Anda mempertimbangkan untuk ikut serta, ini adalah penipuan paling umum yang perlu Anda waspadai.

  1. Penipuan Stock Pump-and-Dump Lama Sekarang Disebut the Rug Pull

Bergantian dikenal sebagai “pompa dan dump” – penipuan dengan sejarah panjang di pasar saham – penipuan rug-pull adalah jebakan di mana pengembang crypto menarik investor awal dengan informasi menyesatkan tentang potensi proyek NFT yang baru lahir. Ketika harga NFT mencapai batas tertentu, pengembang menyedot semua uang dari ekosistem dan menghilang.

  1. Perhatikan Panjang dan Keras pada Airdrop NFT yang Anda Terima

Pada 21 September 2021, seorang pengguna Twitter dengan akun @babbler_dabbler mentweet bahwa penjahat telah menggerebek dompet digitalnya dan mencuri “The Currency” milik Damien Hirst, sebuah NFT yang pada saat itu bernilai lebih dari $41.000.

Menurut Blockcast, @babbler_dabbler adalah korban penipuan airdrop, jenis penipuan yang muncul dari bidang DeFi dan sekarang umum di dunia NFT.

  1. Ingat Penipuan Phishing? Mereka kembali

Phishing memiliki sejarah lebih dari seperempat abad, sejak grup berita Usenet AOHell menciptakan istilah tersebut pada 2 Januari 1996, menurut Phishing.org. Itu selalu dikaitkan dengan email, tetapi scammers telah memperbarui penipuan klasik untuk era blockchain.

👉Trending  4 Aset Utama Untuk Investasi Tahun 2021

Pada November 2021, Check Point Research melaporkan penipuan phishing yang mencuri hampir setengah juta dolar dari dompet korban yang ditipu penjahat dengan iklan mesin pencari palsu yang tampaknya mengarah ke situs yang sah.

  1. April Fool’s, Mereka Meretas Bot Perselisihan

Seperti banyak platform serupa, situs perpesanan sosial Discord menggunakan entitas kecerdasan buatan yang disebut bot untuk melakukan tugas-tugas seperti menyambut pengguna, melarang pembuat onar, dan memoderasi diskusi.

Pada bulan April, NFT Now melaporkan bahwa peretas telah membajak server Discord untuk Nyoki Club, Bored Ape Yacht Club, dan komunitas NFT populer lainnya. Tepatnya, serangan itu terjadi pada Hari April Mop.

Peretas menyita bot komunitas dan menggunakannya untuk mengelabui pengguna agar mengklik tautan berbahaya yang konon mengarah ke NFT yang baru dicetak dengan hadiah eksklusif. Namun, NFT tidak pernah ada dan pos yang ditautkan ke situs phishing tempat pembeli membayar  puluhan ribu dolar, dalam beberapa kasus  untuk token yang tidak ada.

 

Baca Juga :

5 Saham Blue Chip Terbaik Untuk Dibeli Pada Tahun 2022

5 Langkah Mudah Untuk Memulai Berinvestasi Dalam Saham

Platform Terbaik untuk Beli & Jual Saham Tanpa Komisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *